Bawa Produk Emping Melinjo, UMKM Koncone Ngemil Masuk 100 Besar Tahap Mentoring Program bjbpreneur 2024

Surakarta – UMKM Koncone Ngemil bersama produk unggulannya emping melinjo berhasil masuk 100 besar tahap Mentoring program bjbpreneur 2024. Dari 2065 pendaftar, UMKM Koncone Ngemil telah berhasil lolos ke 500 tahap boothcamp online dan kini kembali berhasil masuk tahap 100 besar program Mentoring bjbpreneur 2024. Kegiatan bjbpreneur 2024 yang akan membawa UMKM Koncone Ngemil pada tahap pelatihan bisnis dalam menjalankan usaha emping melinjo tersebut diadakan oleh bank bjb denga tema Future for Sustainability.

Dikutip dari website ir.bankbjb.co.id, pada Senin, 1 April 2024, bjbpreneur 2024 yang diikuti CV. Kreasi Koncone Ngemil ini merupakan bentuk nyata pemberdayaan bank bjb kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menciptakan wadah untuk menetaskan bisnis potensial dan merangsang kreativitas serta inovasi para pelaku bisnis. Sehingga pelaku UMKM bukan saja maju di bidang bisnis, tapi dapat berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan dan berdampak pada masyarakat.

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari mengatakan bahwa, program bjbpreneur berlangsung selama lima bulan yang mengikutsertakan ribuan UMKM serta ratusan universitas/perguruan tinggi dan komunitas.

Pada Februari lalu telah dilakukan kick off, dilanjutkan dengan pendataan UMKM dan sosialisasi road to campus di lima kantor wilayah bank bjb dengan sasaran Kampus, Komunitas UMKM daerah, dan sentra UMKM.

Selanjutnya pada periode Maret telah dilaksanakan seminar peserta terpilih, meliputi boothcamp online UMKM selama satu minggu dan dilakukan proses evaluasi. Adapun pada periode April, akan dilakukan Mentoring dan Verifikasi Lapangan dengan mengunjungi lokasi bisnis UMKM.

Dalam proses seminar online tersebut para pelaku UMKM diberi sejumlah materi terkait pengembangan bisnis yang dipandu oleh narasumber yang mumpuni di bidangnya. Di antaranya pelatihan Riset Pasar bersama pemateri Eriklex Donald selaku Direktur Inovasi dan Kewirausahaan Universitas Dian Nusantara dan Assesor LSP P2 PPEJP Kementerian Perdagangan RI pada Selasa, 19 Maret 2024. Pelatihan Optimalisasi Digital bersama  Aryton Eduardo selaku CEO РFounder & Business Director Crevolutionz (Digital Agency) pada Rabu, 20 Maret 2024. Pelatihan Standardisasi Produk bersama narasumber Rivani selaku Direktur Oorange Unpad pada Kamis, 21 Maret 2024. Pelatihan Kolaborasi Ekosistem Usaha dan Keberlanjutan bersama narasumber Johanes Ronaldy Polla selaku Academic Advisor in International Business Management pada Jumat, 22 Maret 2024, dan Pelatihan Branding & Design dengan narasumber Akbar Moujahid selaku Brand Activist pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Sementara penjurian, awarding, dan business matching akan dilaksanakan pada Mei 2024. Di mana nantinya akan dihadiri dewan juri dari sejumlah tokoh terkemuka, antara lain Najwa Shihab (CEO Narasi TV), Tri Mumpuni (Dewan Pengurus BRIN), Jacky Mussry (CEO Markplus), Maria Utha (Direktur CECT Universitas Trisakti), Nancy Adistyasari (Direktur Komersial dan UMKM bank bjb), Kuntoro Boga Andri (Ketua Biro Humas Kementerian Pertanian RI), Sigit Kumala (Ketua Yayasan Dharma Bakti Astra) dan Denny Mulyadi (Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb)

Dalam kegiatan bjbpreneur 2024 ini nantinya akan ada 8 kategori pemenang. Di antaranya Womanpreneur, Agripreneur, Digipreneur, Pemberdayaan Masyarakat, Inovasi, Pembangunan Berkelanjutan, Penggunaan Layanan Bank BJB, hingga Offtaker Terbaik.

Para pelaku UMKM yang mengikuti program bjbpreneur 2024 akan didukung ekosistem yang kuat, meliputi dukungan Universitas/Dunia Pendidikan, Komunitas UMKM, Binaan BUMN/Korporasi, termasuk dukungan dari bank bjb meliputi Kanwil, Divisi UMKM bank bjb, PESAT, dan CLP.

Sementara itu, Elliyina selaku owner UMKM Koncone Ngemil mengaku senang dapat lolos hingga masuk tahap 100 besar Mentoring ini lantaran persaingannya bersama UMKM lainnya cukup ketat. Elliyina juga berharap agar ilmu yang didapat dari bjbpreneur 2024 ini dapat diaplikasikan secara optimal dalam menjalankan usaha emping melinjo Koncone Ngemil. Adanya keuntungan berupa jejaring dalam kegiatan ini pun ia harapkan dapat menambah networking Koncone Ngemil. Elliyina juga berharap UMKM Koncone Ngemil dapat meraih juara sehingga berkesempatan menambah modal usaha dan bisnis emping melinjo Koncone Ngemil dapat berkembang.***

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *