Owner Produsen Emping Melinjo Solo hadiri FGD VMTS Sekolah Vokasi UNS, pada Rabu, 4 September 2024

Jadi Mitra Sekolah Vokasi UNS, Owner Produsen Emping Melinjo Solo Hadiri Undangan FGD Penyusunan VMTS Prodi

Surakarta – Owner Produsen emping melinjo Solo Koncone Ngemil, Elliyina, baru saja menghadiri undangan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS) Prodi DIII Akuntansi Kampus Kab.Madiun Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pada Rabu, 4 September 2024. Elliyina selaku Owner Produsen emping melinjo Solo hadir sebagai representasi mitra Sekolah Vokasi UNS. Selain mitra, kegiatan FGD yang berlangsung di ruang meeting Sekolah Vokasi UNS tersebut juga mendatangkan sejumlah user, hingga para alumni.

 

Owner Produsen Emping Melinjo Solo hadiri FGD VMTS Sekolah Vokasi UNS, pada Rabu, 4 September 2024
Owner Produsen Emping Melinjo Solo, Koncone Ngemil, hadiri FGD VMTS Sekolah Vokasi UNS, pada Rabu, 4 September 2024

Secara umum, kegiatan FGD ini berkaitan dengan upaya penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kegiatan dalam sebuah dokumen yang disebut Rencana Strategis (Renstra) sebagai langkah penyesuaian terhadap rekonstruksi kurikulum terbaru. Maka adanya FGD bersama para mitra, user, dan alumni ini menjadi bagian dari proses menyiapkan Renstra yang berisi pedoman terkait penciri khusus yang membedakan antara Prodi DIII Akuntansi Kampus Kab. Madiun dengan D3 Akuntansi Utama yang ada di Surakarta. Hal yang demikian perlu dilakukan agar kegiatan-kegiatan yang ada di dalam Prodi dapat berjalan lancar di setiap tahunnya. Selain itu, keterlibatan UMKM sebagai mitra seperti halnya Produsen emping melinjo Solo Koncone Ngemil menjadi langkah strategis lantaran salah satu poin strategi pencapaian prodi DIII Akuntansi Kampus Kab.Madiun adalah mengembangkan jejaring kerjasama dengan 850 mitra industri, dunia usaha, dan dunia kerja baik dari dalam maupun luar negeri.

FGD Penyusunan VMTS Prodi tersebut berlangsung dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Diawali dengan sambutan Dekan Sekolah Vokasi beserta arahan dari kegiatan Workshop Renstra lalu dilanjutkan dengan sambutan WD 3 yang juga disertai arahan tentang kegiatan Workshop Renstra. Setelah itu, ada pula sambutan dari Kepala Prodi DIII Akuntansi PSDKU Seolah Vokasi. Kegiatan pun dilanjutkan dengan pemaparan narasumber tentang pembentukan Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi sekaligus strategi Prodi dengan mengaitkan keunikan Prodi DIII Akuntansi PSDKU. Usai pemaparan, diskusi dan tanya jawab pun berlangsung hingga berkahir denganĀ  break sesi 1.

Pada sesi 2, diawali dengan pemaparan narasumber tentang strategi dan sasaran akademik (Prodi) dalam mempersiapkan lulusan siap kerja, lalu masuk pada sesi tanya jawab. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan kesimpulan terkait strategi dan sasaran Prodi dari segi kebutuhan industri. Kegiatan bersambung dengan pembacaan draft Renstra tentang VMTS Prodi oleh Dosen hingga sesi tanya jawab dengan para stakeholder, dan diakhiri degan penutupan serta dokumentasi.

Elliyina selaku Owner Produsen emping melinjo Solo, Koncone Ngemil, yang hadir langsung pada FGD tersebut mengaku senang dapat terlibat dalam kegiatan tersebut. Hal itu karena pihaknya bisa turut memberi kritik dan saran secara langsung kepada pihak Sekolah Vokasi terkait wujud jasa atau pengabdian penelitian yang tepat guna dari pihak kampus bagi UMKM.

Dalam kegiatan itu, Owner Produsen emping melinjo Solo, Koncone Ngemil, juga mendapatkan insight (wawasan) menarik dari pernyataan seorang alumnus UNS bernama Wiji Nugroho. Di mana Wiji menyampaikan bahwa para peserta didik sebaiknya sudah memiliki konsep ACS sebelum lulus, yakni Attitude, Communication, dan Skill. Namun, ia menekankan Attitude menjadi poin paling penting karena pihak industri lebih membutuhkan orang-orang yang mengutamakan attitude. Hal itu lantaran communication dan skill bisa dilatih seiring berjalannya waktu.***

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *