Semakin Terpercaya, Emping Melinjo Koncone Ngemil Terpilih sebagai Nominasi pada Kompetisi QCC dan 5R YDBA 2024

Surakarta – UMKM Koncone Ngemil dengan produk emping melinjonya terpilih sebagai satu-satunya nomine UMKM berbasis kuliner dari Solo pada kompetisi QCC dan 5R yang diadakan oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) tahun 2024. Pelaku UMKM yang dapat mengikuti kompetisi QCC dan 5R ini adalah mitra aktif YDBA, salah satunya UMKM Koncone Ngemil bersama produk emping melinjo yang dimiliki. Tak ayal, kompetisi tahunan QCC dan 5R yang digagas oleh YDBA tersebut berdampak pada peningkatan efektivitas dan efisiensi produksi emping melinjo UMKM Koncone Ngemil.

Adanya dampak positif dari kompetisi quality control circle (QCC) dan 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin) terhadap performa UMKM Koncone Ngemil tersebut sebagaimana dikatakan oleh Elliyina selaku owner. “Bekerja lebih efisien, hemat waktu, lebih rapi karena diajari cara menyusun rak,” tuturnya. Elliyina juga mengungkapkan bahwa dirinya bersama tim Koncone Ngemil merasa lebih semangat dalam menjaga tiga pilar menjalani usaha, di antaranya produksi, keuangan, dan pemasaran.

Manfaat positif yang dirasakan Elliyina tersebut sejalan dengan tujuan diadakannya kompetisi UMKM QCC dan 5R oleh YDBA. Di mana kompetisi ini bertujuan untuk mendorong dan memberikan apresiasi kepada UMKM yang menerapkan 5R dan menjaga budaya improvement secara konsisten.

Lebih lanjut, dalam proses partisipasi pada kompetisi QCC dari YDBA ini, para peserta harus menyiapkan materi untuk dinilai tim juri. Materi tersebut berupa naskah yang dipresentasikan pada Kamis-Jumat, 14 – 15 Maret 2024. Lalu dilanjutkan dengan Genba atau visitasi online/offline pada 19 Maret-4 April 2024.

Sedangkan untuk mengikuti kompetisi 5R, peserta pun harus mengirimkan materi untuk dinilai. Materi tersebut berupa foto dan dokumen, di antaranya rangkuman 5R UMKM, melampirkan foto area kerja, tanda/label peralatan dan area kerja hingga dokumentasi kegiatan 5R. Selain dokumen, peserta pun diminta membuat video kreatif tentang penerapan 5R di lokasi produksi UMKM mereka.

Usai dilakukan seleksi atas materi dari para peserta pada 12-23 Februari 2024 lalu, maka terpilihlah 5 nomine atau finalis per kategori UMKM. Beberapa kategori UMKM tersebut di antaranya manufaktur, bengkel, kuliner/kerajinan, dan pertanian. Dan Koncone Ngemil sebagai UMKM berbasis kuliner dengan produk emping melinjo berhasil melenggang ke tahap selanjutnya.

Tahap berikutnya tersebut ialah Genba atau visitasi QCC dan 5R pada periode 19 Maret – 4 April 2024. Di mana Koncone Ngemil telah melewati tahap Genba QCC dan Genba 5R secara offline pada 27 Maret 2024. Selanjutnya, pengumuman kemenangan atau awarding direncanakan akan dilakukan pada Mei 2024 bertepatan dengan HUT YDBA.***

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *